Jumat, 14 Agustus 2015

Kuliner Sate Ikan Tanjung Lombok




Populer dengan rasanya yang gurih dan pedas membuat semua pemburu kuliner tidak akan menyia-nyiakan momen saat mengunjungi Pulau Lombok tanpa mencicipi kuliner Sate Ikan Tanjung lombok. Hmmm yummi…. This is it! Sesuai dengan namanya, sate ikan Tanjung  terbuat dari ikan laut (ikan cakalang). Sebenarnya, sate ikan tersebut tidak hanya terdapat di daerah Lombok Utara khususnya Tanjung saja, tetapi terdapat juga di daerah-daerah lain di Pulau Lombok lainnya. Sate Ikan Tanjung memiliki rasa yang berbeda dengan sate ikan di tempat lainnya.

Wisata Lombok Sate Ikan Tanjung memiliki rasa khas dibandingkan sate ikan dari tempat lainnya meskipun berada dalam satu wilayah di pulau Lombok. Sate ikan tanjung gurih dan pedas, serta akan semakin nikmat jika di santap dengan di dampingi lontong, ketupat atau nasi. Untuk dapat menikmati sate ikan Tanjung, Anda tidak perlu mengeluarakan banyak uang, harga sate ikan tersebut rata-rata  sekitar Rp 500/tusuk. Untuk memperoleh sate ikan Tanjung Anda harus berkunjung  ke Pulau Lombok  bagian Utara. Agar mendapatkan Sate ikan Tanjung di daerah asalnya, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Karena, penjual sate ikan banyak ditemukan diberbagai daerah di Kabupaten Lombok Utara, khususnya Tanjung.

Sepanjang jalan dari perempatan Pamenang menuju pusat Kota  Lombok Utara, banyak penjual sate ikan. Satu diantaranya yang telah lama menjanjakan menu masakan ini ada di tepi jalan Pasar Tanjung. Sate ikan Tanjung diantaranya berbahan baku ikan cakalang, santan, merica, bawang putih dan rempah-rempah. Cara memasaknya juga relatif mudah. Ikan Cakalang yang telah dipotong-potong dicampur bumbu dan kemudian  dipanggang.

Gurihnya Sate Ikan Tanjung yang khas terbuat dari Ikan Cakalang
Lombok Utara dapat ditempuh dengan kendaraan (motor/mobil) kurang lebih sekitar 1 jam. Jadi, bagaimana dengan Anda yang hendak menikmati sate ikan tersebut tanpa di haruskan ke Lombok Utara, Tanjung? Jangan berkecil hati dulu, Anda dapat menikmati sate ikan dengan rasa yang sama seperti di Tanjung,  Lombok Utara. Di  daerah Rembige (sebelah timur bandara Selaparang) seperti halnya ada di Tanjung, sate ikan banyak di jual di pinggir jalan.

Sate Ikan Tanjung tidak sulit di temukan karena banyaknya penjual di pingir jalan kawasan daerah Tanjung  di Lombok Utara. Nah, seandainya Anda jalan-jalan ke Pulau Lombok jangan lupa sempatkan diri Anda untuk menikmati Sate Ikan Tanjung. Rasa gurih dari daging ikan cikalang dengan santan dan pedasnya merica serta rempah-rempah sangat terasa. Oleh sebab itu, wajar setelah  menyantap sate ikan khas Tanjung badan terasa bugar, hangat dan berkeringat. Manjakan selera makan Anda dengan menikmati kuliner sate ikan Tanjung lombok yang khas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar